Memiliki kantung mata atau “mata panda” merupakan salah satu masalah kulit yang meresahkan. Bagaimana tidak? Adanya kantung mata atau lingkaran hitam pada mata, akan membuat wajah terlihat kusam dan lelah sehingga tidak enak dipandang. Munculnya kantung mata atau “mata panda” disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • retensi air di bagian bawah mata
  • melemahnya otot-otot di sekitar mata
  • alergi
  • iritasi
  • pigmentasi
  • paparan sinar matahari
  • proses penuaan
  • kurang tidur
  • genetik

Mengurangi atau menghilangkan kantung mata dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung dari jenis penyebabnya. Berikut merupakan 10 cara menghilangkan kantung mata secara efektif.

1. Kompres mata menggunakan kantung teh celup

Cara ini merupakan cara menghilangkan kantung mata secara alami yang cukup ampuh. Kafein di dalam teh mengandung antioksidan tinggi yang dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, kafein juga dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga berpotensi memperlambat proses penuaan. Rendam teh celup pada air hangat selama 3-5 menit kemudian dinginkan di dalam kulkas selama 20 menit. Aplikasikan di bawah mata selama 15-30 menit.

2. Bersihkan sinus dengan neti pot

Sinus dapat menyebabkan iritasi dan pembengakkan pada area bawah mata. Oleh karena itu, membersihkan sinus dapat menghilangkan kantung mata yang disebabkan oleh sinus. Neti pot merupakan teko kecil yang diisi dengan air garam. Dengan memasukkan air garam tersebut ke dalam hidung kemudian mengeluarkannya, maka sinus, lendir, dan kotoran-kotoran hidung akan terbilas bersih. Larutkan ½ sendok garam ke dalam 1 gelas air. Panaskan air agar garam larut dan bakteri-bakteri dalam air mati. Dinginkan hingga mencapai suhu badan sebelum digunakan.

3. Minum air yang cukup

Air menyusun sekitar 60% berat badan tubuh kita. Oleh karena itu, dehidrasi atau kekurangan asupan air dapat menyebabkan munculnya kantung atau lingkaran hitam pada mata.

Baca Juga :  Mengenal Teknologi dan Jenis-Jenis Baterai: AA vs AAA, Primer vs Sekunder

4. Konsumsi Antihistamine

Penggunaan Antihistamin dapat mengobati kantung mata dan lingkaran hitam yang disebabkan oleh alergi. Alergi dapat menyebabkan pembengkakkan dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata Anda. Reaksi tersebut disebabkan oleh adanya reaksi sistem imun terhadap alergen (penyebab alergi). Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat ini.

5. Gunakan Retinol

Penggunaan Retinol dapat membantu mengurangi kantung mata yang disebabkan oleh proses penuaan. Retinol merupakan vitamin A yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Retinol umumnya tersedia dalam bentuk krim, gel, atau cairan. Gunakan retinol pada kantung mata sekali sehari secara teratur setengah jam setelah membersihkan wajah. Jangan gunakan retinol apabila Anda sedang hamil. Konsultasikan pada dokter kulit Anda sebelum mengaplikasikannya.

6. Gunakan produk pencerah

Penggunaan produk pencerah dapat membantu mengurangi kantung mata yang disebabkan oleh proses pigmentasi. Produk pencerah wajah umumnya mengandung hydroquinone. Hydroquinone bekerja dengan menghambat pembentukan melanin pada kulit sehingga penggunaan bahan ini pada bagian bawah mata dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata. Aplikasikan pada malam hari untuk menghindari paparan sinar matahari. Konsultasikan pada dokter kulit Anda sebelum mengaplikasikannya.

7. Bersihkan make up sebelum tidur

Tidur dengan make up mata yang belum dibersihkan dapat menyebabkan iritasi, alergi, bahkan infeksi pada mata yang menyebabkan mata menjadi bengkak.

8. Tidur dengan posisi kepala terangkat

Gunakan 2 atau lebih bantal agar kepala Anda sedikit terangkat saat tidur.  Tidur dengan posisi kepala yang terangkat dapat mencegah pengumpulan cairan pada bagian bawah mata.

9. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan kulit wajah Anda menjadi pucat. Hal tersebu menyebabkan lingkar bawah mata Anda akan semakin jelas. Waktu tidur malam yang baik untuk orang dewasa yaiitu 7-9 jam sehari.

Baca Juga :  11 Rekomendasi Speaker Aktif Terbaik di Bawah 1 Juta

10. Kompres dingin

Kompres dingin pada kantung mata dapat membuat pembuluh darah di sekitar kantung mata berkontraksi dan melancarkan peredaran darah secara cepat. Cara ini terbukti sebagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Beberapa alat dan bahan yang dapat digunakan untuk kompres dingin yaitu, sendok dingin, timun dingin, handuk basah, dan kantung yang berisi sayuran beku. Sebelum mengaplikasikannya, bungkus bahan/alat kompres dingin menggunakan handuk agar tidak terlalu dingin. Kompres selama beberapa menit.

Gunakan treatment yang sesuai dengan penyebab timbulnya kantung mata Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.