Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk mengerjakan puasa di bulan suci Ramadan. Tata caranya pun sudah kita ketahui secara umum. Sederhananya, tidak makan, minum, dan bersetubuh sejak terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Bicara tentang hal yang membatalkan puasa, ternyata ada beberapa mitos yang kerap dianggap dapat membatalkan puasa oleh masyarakat umum.

Simak lima mitos yang dapat membatalkan puasa berikut, agar Ramadhan kita semakin santai!

5 Hal yang Membatalkan Puasa: Ini Hanya Mitos!

  1. Muntah

Sebagian masyarakat meyakini bahwa muntah dapat membatalkan puasa. Padahal, menurut kitab-kitab fiqih, muntah secara tidak sengaja tidak dikategorikan sebagai hal yang dapat membatalkan puasa. Beda cerita dengan membuatnya disengaja, seperti memasukkan tangan ke tenggorokan hingga memancing rasa mual.

Landasan tentang muntah ini sangat kuat, seperti yang disebutkan di hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

Siapa saja yang muntah, maka ia tidak berkewajiban qadha (puasa). Tetapi siapa saja yang sengaja muntah, maka ia berkewajiban qadha (puasa)“.

Namun perlu diingat, jika kita tidak sengaja muntah sehingga isi perut sudah sampai mulut, kita harus mengeluarkannya dan tidak menelan kembali.

  1. Suntik

Beberapa orang sangat bergantung terhadap suntikan, seperti pada penderita diabetes berat yang membutuhkan suntikan insulin minimal dua hari sekali. Khusus dalam kasus insulin, ulama sendiri terbagi menjadi dua golongan. Ada yang menganggap bahwa suntikan insulin membatalkan puasa, ada juga yang tidak.

Secara umum, jenis suntik ini ada tiga macam:

  1. Suntikan melalui kulit

Suntikan jenis ini tidak membatalkan puasa karena tidak adanya saluran khusus dari jaringan kulit ke organ pencernaan. Selain itu, suntikan jenis ini sama sekali tidak menimbulkan penambahan atau penumpukan energi bagi penggunanya. Contohnya suntik insulin.

  1. Suntikan melalui otot
Baca Juga :  Bukan Cuma Termometer Digital, Ini Berbagai Jenis Termometer Lainnya

Sangat mirip dengan jenis suntikan pertama, suntik melalui otot tidak membatalkan puasa karena tidak adanya penyalur antara otot dan saluran pencernaan. Contoh suntik steroid.

  1. Suntikan melalui pembuluh darah

Berbeda dengan jenis suntikan melalui kulit dan otot, beberapa suntikan dari pembuluh darah dapat menyebabkan batalnya puasa jika mengandung bahan makanan, seperti infus. Untuk suntikan anti nyeri, ulama masih memperbolehkannya walaupun proses ini melalui pembuluh darah.

Namun untuk lebih baiknya, kita harus tetap menghindari proses masuknya zat-zat lain dari luar ke tubuh kita melalui suntikan, jika memang tidak terlalu penting.

  1. Keramas

Perlu diketahui bahwa tidak ada dalil yang jelas dan kuat tentang dilarangnya menyiram kepala atau keramas saat puasa. Bahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Daud, Rasulullah pernah menyiramkan air ke atas kepala saat beliau sedang berpuasa di siang hari yang panas. Tapi jangan terus sambil minum airnya walaupun sedikit ya!

  1. Sikat gigi

Bersiwak adalah kegiatan yang sangat digemari Rasulullah. Dan saat ini, kegiatan itu diadaptasi dengan cara sikat gigi. Saat puasa di bulan Ramadan, ada dua hukum untuk sikat gigi saat menjalankan ibadah puasa. Pertama bersifat mubah (boleh) terutama bila menggunakan siwak, sebagaimana dalam hadits:

“Aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa.”

Menurut beberapa ulama pun, bersikat gigi dengan sikat dan pasta gigi biasa.

Selain itu, sikat gigi juga bisa bersifat makruh puasa jika pasta gigi yang digunakan memiliki aroma yang sangat kuat dan adanya kemungkinan tertelan walau tidak sengaja.

  1. Menangis

Tidak ada satu pun dalil yang menunjukkan bahwa menangis dapat membatalkan puasa seseorang. Menangis sendiri adalah proses alami tubuh yang berkaitan dengan hormon dan emosi seseorang yang menyebabkan keluarnya air dari mata. Jadi hukumnya jelas berbeda dengan minum. Kecuali kalau ada yang menangis dengan sengaja dan memasukkan air matanya ke mulut. Itu baru aneh!

Baca Juga :  Ragam Manfaat Propolis Untuk Kulit Sehatmu!