keju mozarella

Siapa yang tidak suka mozarella? Keju asal Italia yang menambah cita rasa gurih khas keju pada makanan. Sensasi lumer di mulut menjadi daya tarik dari keju mozarella. Mozarella menjadi toping favorit untuk berbagai makanan. Bahkan, makanan sederhana dan yang sehari-hari bisa ditemukan pun sangat bisa ditambahkan mozarella untuk mendapatkan rasa yang unik dan lezat. Anda bisa menggunakan merk keju mozzarella apa saja sesuai selera Anda.

Camilan Favorit dengan Keju Mozarella Lumer dan Beberapa Faktanya

Berawal dari Ketidaksengajaan

Pertama kali, keju mozarella dibuat di kota Naple, Italia. Di sebuah peternakan kerbau, secara tidak sengaja seseorang menjatuhkan susu kerbau ke dalam air panas yang ada di peternakan itu. Dari sinilah, asal muasal terciptanya keju mozarella yang kita kenal sekarang. Pada saat itu, mozarella hanya bisa dinikmati oleh orang-orang Italia, terutama orang-orang di dekat Naples. Mozarella belum bisa dikirim ke luar kota, apalagi luar negeri, karena tidak bisa bertahan lama. Bahan susu untuk membuat mozarella tidak diparteurisasi dan saat itu belum ada teknologi lemari es. Setelah teknologi berkembang, keju mozarella bisa diproduksi dengan ketahanan yang lebih lama sehingga bisa dikirim ke berbagai tempat lain di luar Italia.

Bentuk dan Jenis

Pada umumnya, mozarella berwarna putih terang atau kuning terang. Perbedaan warna mozarella disebabkan oleh jenis makanan sapi atau kerbau yang susunya diambil untuk bahan pembuatan mozarella. Bagi Anda penggemar keju, terutama mozarella, Anda perlu tahu bahwa keju ini ada 12 jenis. Macam-macam keju mozarella di antaranya adalah mozarella curd, perline, tracciatella, fresh mozzarella, mozarella di bufala, burrata, sovoline, bocconcini, string, shedded, scamorza, dan smoked.

Camilan dengan Mozarella

Untuk membuat camilan lezat berbahan mozarella, Anda bisa menggunakan berbagai macam keju mozarella. Lebih lengkapnya bisa Anda cek di sini. Inilah camilan mozzarella yang bisa Anda buat di rumah.

Baca Juga :  Jangan Bingung! Intip Prosedur Lengkap Pendaftaran UTBK

1.Pizza Mie Mozarella

keju mozarella

Salah satu makanan yang identik dengan keju adalah pizza. Anda bisa membuat pizza di rumah dengan menggunakan bahan dasar mie. Bahan yang Anda perlukan hanya 1 bungkus mie instan. 1 buah sosis, 2 butir telur, saus tomat, dan tentu saja keju mozarella.

Cara membuatnya pun terbilang mudah. Rebus mie, lalu masukkan mie yang sudah direbus ke dalam kocokan telur. Tambahkan bumbu dan aduk rata. Kemudian, panaskan Teflon anti lengket. Masukkan adonan pizza ke dalam teflon. Tunggu sampai kecokelatan, lalu balik pizza ke sisi yang lain. Di atas pizza, Anda oleskan saus tomat, susun potongan sosis, dan taburkan keju mozarella. Masak pizza sampai mozarella meleleh.

2.Roti Bakar Mozarella

kerju mozarella

Roti bakar juga menjadi camilan kesukaan banyak orang. Anda bisa membuat roti bakar gurih dengan topping mozarella. Siapkan beberapa lembar roti, kornet secukupnya, dan keju mozarella sesuai selera.

Anda bisa menggunakan teflon atau alat pemanggang untuk memanggang roti. Untuk membuat toping, masak mozarella dan kornet dengan api kecil. Setelah matang, tuang toping kornet dan mozarella yang sudah dimasak tadi ke atas roti yang sudah dipanggang. Roti bakar mozarella pun siap dinikmati.

3.Stik Goreng Mozarella

keju mozarella

Stik mozarella adalah salah satu makanan kekinian. Krispi di luar, lumer di dalam. Rasa gurih dari mozarella pada stik ini tidak bisa ditolak oleh siapa pun, terutama Anda para penggemar keju.

Anda bisa membuat camilan ini di rumah. Bahan yang Anda butuhkan tidak sulit dicari. Siapkan 250 gram keju mozarella kotak, 25 gram terigu, 300 gram tepung panir kasar, 1 butir telur, dan minyak goreng.

Iris mozarella menjadi 12 bagian sama panjang. Lalu masukkan ke dalam kocokan telur. Lalu, balurkan pada tepung panir beberapa lapis agar balutan menjadi tebal. Masukkan keju ke dalam freezer selama kurang lebih satu jam. Kemudian, goreng keju pada minyak panas dengan api kecil sampai keemasan. Angkat dan tiriskan. Stik keju mozarella siap disajikan dengan saus mayo atau sambal.

Baca Juga :  Jangan Bingung! Intip Prosedur Lengkap Pendaftaran UTBK

Itulah beberapa camilan mozarella yang menggugah selera. Bahan dan cara membuatnya praktis, kan? Selamat mencoba!