Tahukah kamu empon-empon sudah ada atau digambarkan sejak zaman Borobudur? Dalam relief Candi Borobudur, ada penggambaran mengenai orang sakit yang dibuatkan jamu lalu diminumkan. Relief itu disambung dengan gambaran pesta syukuran atas kesembuhan orang yang sakit pasca meminum jamu empon-empon.

Hal itu membuktikan bahwa masyarakat Indonesia telah diwarisi tradisi minum jamu sejak sangat lama oleh para leluhur. Bisa jadi, tradisi minum jamu empon-empon sendiri sudah ada jauh sebelum Candi Borobudur ada. Menakjubkan bukan?

Empon-empon adalah sebutan masyarakat Jawa untuk tanaman akar rimpang yang biasa digunakan sebagai minuman tradisional atau jamu yang dipercaya memiliki banyak khasiat, Apalagi untuk menjaga imunitas dan vitalitas tubuh. Berbeda dengan rempah-rempah yang banyak diolah sebagai bumbu atau penyedap masakan, empon-empon lebih sering digunakan sebagai minuman. Bisa dikatakan jika empon-empon adalah salah satu cara pengobatan tradisional yang telah diwarisi turun temurun dan teruji khasiatnya.

Kini dunia tengah digempur oleh virus tak kasat mata, virus corona yang mematikan ini telah sampai di Indonesia. Sampai saat ini, sudah ribuan orang di Indonesia yang terinfeksi virus ini, bahkan ratusan di antaranya meninggal karena wabah ini.

Di tengah wabah ini, ada baiknya jika kita menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan imunitas dan vitalitas. Hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Tak perlu membeli suplemen kesehatan mahal-mahal, Anda hanya perlu meracik empon-empon buatan sendiri. Anda cukup mencari empon-empon di tukang sayur, pasar, atau supermarket terdekat dan menciptakan ramuan sehat yang bisa mencegah diri tertular virus corona dengan mudah dan murah.

Cara Mudah Mengolah Empon-Empon untuk Menangkal Virus Corona

Kunyit asem

Kunyit asam dikenal mampu meredakan peradangan, mengendalikan gula darah, dan mengurangi mual. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Mari kita persiapkan alat dan bahannya.

Baca Juga :  Bukan Cuma Termometer Digital, Ini Berbagai Jenis Termometer Lainnya

Bahan:

kunyit,

asam jawa,

gula merah atau gula pasir,

garam secukupnya,

air.

Cara membuat:

  • Kupas kunyit lalu cuci menggunakan air, tumbuk kunyit secara kasar.
  • Rebus air di dalam panci hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, masukkan semua yang telah dipersiapkan lalu tutup panci.
  • Rebus semua bahan dengan api kecil hingga matang, lalu tunggu hingga 20 menit.
  • Cek rasa sesuai selera.
  • Matikan kompor dan tuangkan air rebusan ke dalam gelas, jangan lupa disaring.
  • Kunyit asem siap untuk disajikan.

Beras kencur

Campuran beras dan kencur ini dipercaya mampu meredakan berbagai nyeri atau pegal-pegal, perut kembung, dan rasa mual. Empon-empon virus corona ini dianggap ampuh menangkal virus corona dan mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Bahan:

beras,

kencur,

daun pandan,

gula jawa,

air,

garam,

jeruk nipis secukupnya.

Sebelum mulai memasak, pastikan Anda telah merendam beras semalaman dan telah menyisir gula jawa.

Cara membuat:

  • Rebus air di dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan gula jawa dan garam.
  • Setelah beberapa saat, masukkan daun pandan agar jamu lebih harum dan sedap.
  • Aduk bahan-bahan tersebut hingga larut, setelah selesai, diamkan beberapa saat.
  • Sambil mendiamkan rebusan, haluskan beras dan diberi sedikit air gula dan garam, lalu sisihkan ke dalam wadah lain.
  • Setelah itu, haluskan kencur dan diberi sedikit air gula dan garam secukupnya, lalu dengan beras yang sudah dihaluskan.
  • Setelah selesai, tuangkan ke dalam wadah menggunakan saringan agar ampas dapat dipisahkan. Untuk mengurangi rasa pahit, tambahkan air jeruk nipis.
  • Jamu beras kencur Anda siap untuk dikonsumsi.

Jangan buang ampas tersebut, ampas yang tersisa bisa ditambahkan air gula, lalu disaring dan ditempatkan di wadah kembali.

Baca Juga :  5 Hal yang Membatalkan Puasa: Ini Hanya Mitos!