pendaftaran UTBK 1

Pasca lulus dari SMA, hal yang paling ditunggu- tunggu adalah ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Umumnya siswa SMA sudah tahu PTN mana yang akan dipilih untuk melanjutkan kuliahnya. Berbagai deretan PTN favorit menjadi pilihan anak-anak SMA yang baru lulus. PTN andalan setiap tahunnya yang paling banyak diminati seperi Universitas Indonesia, ITB, UGM, IPB, Unpad, dan deretan universitas negeri lainnya. Tidak hanya itu proses seleksi masuk universitaspun sangat beraneka ragam . Tentunya ini memudahkan calon mahasiswa dapat dan layak diterima di universitas tersebut. Salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri adalah dengan mengikuti pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). UTBK sendiri merupakan sebuah tes masuk perguruan tinggi negeri yang di naungi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Mengingat seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia, sangat beraneka ragam. LTMT kemudian menjadi satu-satunya lembaga penyelenggaraan ujian/tes yang telah terstandar secara nasional. Dalam pelaksanaanya, pendaftaran UTBK sendiri memiki keunggulan dan kekurangan. Keunggulan dari seleksi melalui UTBK ini adalah hasil tes yang telah dilaksanakan akan langsung diberikan secara inividu oleh tim penyelenggara UTBK itu sendiri.

Pada dasarnya pendaftaran UTBK ini dapat berlaku bagi siswa SMA yang lulus di tahun 2020, 2019 dan 2018 dari siswa SMA/SMK/MA dan sederajat, serta juga berlaku bagi siswa lulusan program paket C yakni 3 tahun terakhir, 2020, 2019, dan 2018. Pada dasarnya seleksi melalui UTBK ini ada hubungannya dengan seleksi nasional masuk PTN, yakni SBMPTN. UTBK kemudian menjadi faktor penentu kita bisa mengikuti SBMPTN serentak secara nasional. Kebijaka tersebut di ambil untuk memastikan peserta yang lolos UTBK merupakan peserta terbaik yang akan mengikuti perkuliahan di kampus pilihannya.

selengkapnya bisa dibaca di sini 2

Secara umum tujuan UTBK sendiri adalah untuk membentuk mahasiswa yang tidak hanya cerdas namun juga memastikan bahwa mahasiswa tersebut akan lulus tepat waktu sesuai dengan aturan perkuliahan S1. Selanjutnya pendaftaran UTBK ini juga dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti tes, sesuai dengan tempat dan waktu yang fleksibel. Jika dalam program SBMPTN peserta yang mengikuti tes ujian masuk maksimal 3 kali, jadi jika tidak lulus ditahun pertama, maka dapat mencoba kembali dengan mengikuti lagi tes SBMPTN. Namun dengan sistem UTBK ini, peserta hanya bisa mengikuti tes satu kali saja, dengan ketentuan peserta tes terdiri dari golongan eksak, sosial/humoniora, dan Saintek dan Soshum. Nah setelah itu apa aja si kira-kira prosedur tahapan dalam mengikuti UTBK ini.

 

Prosedur Pendaftaran UTBK

  1. Pertama-tama siswa melakukan registrasi terlebih dahulu melalui akun, dengan menggunakan nomor induk siswa (NISN. NPSN dan mengisi tanggal lahir yang ada di laman portal.ltmpt.ac.id)
  2. Setelah akun teregistrasi, maka silahkan untuk masuk ke halaman akun, dengan memasukan username dan password pada laman portal.ltmpt.ac.id
  3. Lakukan verifikasi data, dengan cara mengisi biodata secara lengkap dan mengunggah pas foto formal terbaru.
  4. Kemudian masuk, dan pilihlah menu pendaftaran UTBK, dapat memilih jenis ujian, dan lokasi ujian.
  5. Melakukan pembayaran via perbankan BNI, Mandiri, ataupun BTN.
  6. Setelah proses pembayaran selesai, maka silahkan login kembali di lama portal.ltmpt.ac.id
  7. Pilih menu pendaftaran UTBK dan mulailah untuk mencetak kartu ujian
  8. Silahkan megikuti ujian UTBK sesuai dengan tanggal, hari, sesi dan lokasi ujian dari UTBK.

Nah itu tadi adalah tahapan untuk mengikuti pendaftaran UTBK sebagai salah satu cara dapat mengikuti ataupun diterima di perguruan tinggi negeri. Jadi buat kamu sebagai siswa SMA yang baru lulus, persiapkan dokumen pendukung untuk dapat mengikuti ujian UTBK yang selengkapnya bisa dibaca di sini.