propolis adalah

Salah satu kondisi kulit yang lazim dialami para wanita adalah beruntusan. Tak dapat dipungkiri, hal tersebut terjadi karena banyak faktor internal dan eksternal yang menjadi pemicu adanya beruntusan pada kulitmu. Salah satu solusi ampuh kulit sehatmu jika beruntusan melanda adalah propolis.

Ya, propolis. Propolis adalah produk turunan berupa getah yang dihasilkan oleh lebah madu. Propolis dihasilkan saat lebah melakukan proses pencampuran getah pohon dengan zat alami dari tubuh. Zat tersebut bersifat lengket serta berwarna coklat kehijauan, yang kemudian oleh para ilmuwan diberi nama propolis.

Manfaat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Adapun manfaat propolis yang sudah terbukti sangatlah banyak. Dan pastinya ke semuanya menyangkut dengan kesehatan. Jika kamu penasaran tentang manfaat lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini! 

manfaat propolis

  1. Mengobati beruntusan

Salah satu keampuhan dari propolis yang telah banyak diuji coba adalah untuk mengobati beruntusan. Ya, sebagai kondisi kulit yang hampir semua perempuan mengalami hal tersebut, tak heran jika kemudian zat ini jadi pilihan favorit karena khasiatnya sebagai obat beruntusan atau jerawat.

Seperti yang telah diketahui bersama, beruntusan adalah kondisi kulit yang mengalami gumpalan atau bintik berukuran kecil dikarenakan faktor lingkungan maupun hormonal. Meskipun terdengar sepele, kondisi kulit ini akan berubah menjadi jerawat meradang jika tak ditangani dengan baik.

Adapun propolis itu sendiri kemudian menjadi obat dari beruntusan tak lain tak bukan adalah karena mengandung 300 jenis senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Beberapa senyawa aktif tersebut antara lain adalah resin, balsam, dan lain sebagainya.

Kebanyakan senyawa aktif tersebut memiliki sifat polifenol dan flavoloid, di mana kedua sifat tersebut adalah antioksidan paling baik untuk melawan penyakit dan kerusakan sel pada tubuh manusia.

Baca Juga :  5 Hal yang Membatalkan Puasa: Ini Hanya Mitos!

Oleh karenanya, tak heran jika kini banyak produk kecantikan mulai dari pelembab hingga masker yang menggunakan kandungan propolis untuk mengatasi masalah beruntusan pada kulit.

  1. Mempercepat proses pemulihan luka

Manfaat kedua dari propolis yang berkaitan dengan kesehatan adalah, propolis dapat digunakan untuk mempercepat proses pemulihan luka. Hal ini dikarenakan adanya senyawa khusus yakni pinocembrin di dalam propolis, yang bermanfaat untuk melawan radang dan mikroba pada luka luar dan dalam.

Pada kasus-kasus tertentu seperti luka bakar, propolis dipercaya sebagai zat anti-inflamasi populer, yang secara cepat dapat memacu pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Maka tak heran, zat ini kemudian banyak disediakan di rumah sakit. Adapun cara kerja propolis itu sendiri untuk kasus luka bakar, adalah dengan mengurangi sel mast atau sel peradangan, sekaligus memperlambat penyembuhan luka sejak pertama kali propolis dioleskan.

kelebihan propolis

  1. Dapat dijadikan anti-radang pada kulit

Manfaat berikutnya dari propolis adalah, kamu bisa menggunakan kandungan ini untuk dijadikan anti radang pada kulit. Terutama untuk jenis kulit yang sensitif, propolis berfungsi ampuh untuk dalam mengurangi pigmentasi dan kemerahan di kulit yang dikarenakan peradangan.

Selain itu, kandungan alami ini juga dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Di beberapa produk, propolis juga digunakan sebagai campuran krim siang yang berfungsi untuk melindungi kulitmu dari polusi serta radiasi yang dihasilkan oleh sinar ultraviolet.

Karena beragam manfaatnya tersebut, tak heran kemudian bahan herbal ini banyak ditemukan di produk-produk perawatan wajah saat ini. Selain berkhasiat, produk herbal ini juga lebih aman dibandingkan produk kimia lainnnya, dikarenakan tidak adanya risiko yang ditinggalkan karena pemakaian.