Sariawan adalah suatu luka atau peradangan di dalam mulut. Sariawan dapat menimbulkan rasa sakit dan tentunya tidak nyaman apalagi ketika sedang makan, minum atau berbicara. Sariawan bukanlah sebuah sakit yang menular hanya saja menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman. Sariawan bisa dialami oleh semua orang, baik wanita, pria, hingga anak-anak. Barangkali banyak orang yang menganggap sepele sariawan itu. Terlebih karena sariawan bisa sembuh sendiri. Padahal dengan Obat sariawan, sariawan akan lebih cepat hilang. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai obat sariawan, ada baiknya kita mengetahui pengetahuan dasar tentang sariawan itu.

Tahukah kamu, kenapa sariawan itu bisa muncul di mulut? Sariawan dapat disebabkan oleh salah satu kondisi berikut atau kombinasinya.

  • Cedera di sini bisa disebabkan oleh hal yang tidak sengaja seperti kegigit ketika makan atau berbicara hingga saat menyikat gigi.
  • Infeksi seperti jamur atau virus mampu menyebabkan sariawan.
  • Penyakit autoimun seperti lupus.
  • Beberapa kondisi tertentu, seperti kekurangan vitamin C, perubahan hormon, kekurangan nutrisi, hingga faktor genetik.

Beberapa penyebab di atas dapat menimbulkan sariawan ke semua orang termasuk anak-anak. Tentunya akan sangat menyedihkan bukan jika anak-anak yang masih kecil mengalami sariawan. Untuk itu agar mempercepat hilangnya sariawan ada Obat sariawan anak direkomendasikan. Obat yang bisa dikonsumsi bisa dari obat alami yang ataupun obat yang dijual di apotek.

Obat Sariawan Alami yang Ada di Sekitar Kita

  1. Madu

Madu ternyata memiliki banyak khasiat dan salah satunya mampu menyembuhkan sariawan. Madu memiliki sifat anti-mikroba yang sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Jika usia anak lebih dari satu tahun, maka menggunakan madu terbukti efektif menyembuhkan sariawan. Yang perlu dilakukan adalah dengan mengoleskan ke bagian sariawan beberapa kali. Penggunaan madu ini ternyata kurang dianjurkan untuk anak di bawah satu tahun.

Baca Juga :  4 Dispenser Miyako Murah yang Wajib Dimiliki

  1. Kelapa

Banyak orang bilang setiap bagian dari pohon kelapa itu bermanfaat. Hal tersebut tidaklah salah. Air, santan, hingga minyak dari kelapa bisa dimanfaatkan juga untuk obat sariawan. Terlebih jika sariawan terjadi pada anak di bawah satu tahun. Mengoleskan minyak kelapa ke sariawan si kecil terbukti efektif menyembuhkannya. Sedangkan untuk anak-anak di atas satu tahun bisa menggunakan minyak kelapa atau dengan meminum air kelapa.

  1. Akar Manis

Obat alami yang ketiga yang mampu menyembuhkan sariawan pada anak adalah akar manis. Akar manis memiliki sifat meringankan dan anti-inflamasi yang mampu mengurangi rasa perih dan bengkak di sekitar sariawan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan merendam satu sendok makan akar manis ke dalam satu gelas air. Kemudian gunakan air akan manis tersebut sebagai obat kumur. Dianjurkan berkumur sebanyak dua kali dalam sehari jika masih memiliki sariawan.

Selain obat sariawan alami yang dapat menyembuhkan sariawan, ada juga obat sariawan yang dijual bebas di apotik. Obat sariawan di apotik yang terbukti memiliki khasiat menyembuhkan sariawan pada anak di antaranya adalah Chlorhexidine dan Hidrogen perioksida. Chlorhexidine adalah antiseptik cair yang bisa digunakan untuk obat sariawan karena mampu mencegah pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut. Chlorhexidine bisa berbentuk salep, larutan, dan obat kumur.

Sementara itu, selain Chlorhexidine ada juga hidrogen peroksida yang menjadi pilihan lain untuk mengobati sariawan pada anak. Untuk penggunaan hidrogen peroksida perlu membaca aturan pakai dengan seksama. Supaya lebih terjamin, bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan obat ini untuk anak.

Nah itu dia beberapa referensi obat sariawan untuk anak baik yang alami hingga yang mudah ditemukan di apotek.

Baca Juga :  Salah Satu Tips Dari Majalah Fashion: Memilih Kacamata Wanita