Ini yang paling menarik dari menjual: bukan hanya soal untung dan rugi, melainkan juga soal pemahaman terhadap budaya masyarakat setempat serta kecerdikan melihat permasalahan dan peluangnya. Memulai usaha jual masker di Surabaya memang harus dilakukan dengan sangat cermat.

Memang tidak ada salahnya untuk mengincar keuntungan saat hendak jual masker, namun tak kalah penting untuk mencari tahu strategi jitu agar jualan kita tak hanya mendapatkan profit, tetapi juga punya nilai ibadah sehingga rezeki kita punya nilai keberkahan. Kalau bisa mendapatkan keduanya sekaligus, kenapa harus pilih salah satu? Setuju?

Sebelum Jual Masker di Surabaya…

 

Perhatikan budaya masyarakat setempat. Ini mungkin agak sulit untuk mereka yang bukan orang Surabaya. Sebaliknya, orang Surabaya tentu lebih paham budaya masyarakatnya sendiri. Dari sana, kita bisa lihat peluangnya, lalu strategi yang bisa diambil.

Pertama, coba diedukasi dulu tentang cara mencegah penyebaran virus Corona. Jangan langsung jualan masker Corona, apalagi jenis Corona di bawah ini, hehehe.

Kalau misalnya kamu ingin menjual masker untuk anak muda Surabaya, edukasi bisa dilakukan dari media sosial. Misalnya, bikin IG Story tentang Covid-19. Kalau target market Anda adalah orang tua, coba sampaikan secara langsung, namun jangan sampai menimbulkan kepanikan. Jelaskan dengan sabar dan tanpa berniat menggurui. Ingat, edukasi dulu. Dirangkul. Diayomi. Jangan nakut-nakuti.

Jual Masker di Surabaya tapi Nggak Ngerti Masker? Zonk!

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli masker, ada baiknya mengenal apa saja jenis masker yang ada di pasaran? Jadi, kamu bisa memutuskan mana masker yang sesuai buat aktivitasmu. Kalau nggak ngerti, nanti bisa zonk pas ditanya-tanya. Peluang yang mestinya bisa didapatkan malah ambyar, kabur ke penjual lainnya.

Coba simak pengetahuan tentang berbagai jenis masker di bawah ini, ya.

Masker Scuba

Masker scuba paling banyak dijual dan harganya sangat terjangkau. Harga murah ini disebabkan oleh bahannya yang mudah didapatkan. Ia hanya terdiri atas kain elastis sebanyak satu atau dua buah saja. 

Masker scuba pada dasarnya adalah masker yang lebih cocok untuk menahan debu ketimbang virus. Ia memiliki pertahanan yang lebih lemah dibandingkan dengan masker jenis lain.

Jika ingin membeli masker scuba, pastikan bahwa kamu memahami apa aktivitasmu. Apabila kamu sering bepergian dengan motor atau kendaraan umum, masker scuba kurang sesuai denganmu.

Namun, jika kamu memang ingin memakai masker scuba, ada baiknya membeli masker scuba dua lapis yang bisa disisipkan filter, seperti buatan cSport dan Maskit (lihat di sini untuk supplier lainnya).

Oh iya, masker scuba biasa harganya berbeda dengan masker scuba yang ada filternya. Kalau orang sudah teredukasi dengan baik, sadar bahaya corona dan manfaat melindungi diri, mereka nggak akan segan untuk beli yang ada filternya kok meski sedikit lebih mahal.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengolah Empon-Empon untuk Menangkal Virus Corona

Masker Kain

Masker kain dibuat dari dua kain dan memiliki pengait berupa tali menuju ke telinga. Masker ini sedikit lebih ampuh dalam menangkal virus jika dibandingkan dengan masker scuba. 

Masker kain terlihat lebih kokoh daripada masker scuba, sehingga harganya pun menjadi lebih mahal. Selain itu, masker ini juga tidak mudah sobek.

Ada pula masker kain yang memiliki sekat sehingga seperti layaknya masker scuba, bisa diisi dengan filter atau masker medis supaya ia menjadi lebih kuat.

Masker Duckbill

Sesuai dengan namanya, masker yang satu ini adalah masker dengan sedikit moncong pada bagian depan. Jika dibandingkan dengan masker seperti scuba dan kain, duckbill lebih kuat, kokoh, dan juga lebih terlihat tebal. 

Masker duckbill biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang masker-masker yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain itu, masker duckbill juga memiliki permukaan yang lebih luas, mengizinkan kamu untuk mendesain lebih banyak (ini peluang untuk jual masker dengan desain menarik). Masker duckbill dengan sekat juga memberikan ruang yang lebih besar untuk filter.

Masker Medis

Inilah masker yang kelihatannya ringan, rapuh, dan seolah mudah sobek, tetapi paling ampuh dalam menangkal virus. Masker medis adalah jenis masker yang memang diproduksi dengan quality control khusus dan hanya bisa dibuat oleh pabrik-pabrik medis yang sudah memiliki kualifikasi dan terdaftar. Tidak semua pihak bisa membuat masker medis, Cak. 

Meskipun tipis, masker ini sangat ampuh dalam menangkal virus. Sayangnya, masker ini merupakan masker sekali pakai. Jadi, setelah memakainya, kamu harus membuangnya.

Pada masa awal COVID-19, masker medis memang dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Namun, kini, dengan intervensi dari pemerintah, harga masker medis menjadi lebih murah dan hampir sama dengan harga sebelum COVID-19. Tapi jangan dijual dengan harga terlalu mahal, Cak. Bisa dicari pemerintah nanti.

Cari Supplier yang Tepat, Cak

Tapi jangan yang asal murah aja. Banyak supplier yang menjanjikan harga murah tapi begitu uang sudah ditransfer, dia kabur. Paling aman cari supplier dari marketplace, jadi kalau barang nggak dikirim, uang bisa balik lagi ke kita. Aman, kan?

Baca Juga :  5 Hal yang Membatalkan Puasa: Ini Hanya Mitos!

Lihat di sini kalau mau cari supplier yang jual masker Surabaya dari marketplace, Cak. Macam-macam itu, motifnya.

Bikin Paket Bundling

Mau paket bundling masker+hand sanitizer, bisa. Mau paket masker ibu dan anak? Bisa juga. Mau paket masker couple? Monggo. Mau paket berdasarkan motif yang unyu-unyu, ya bisa juga. Wis, pokoke sing kreatif, Cak! Mudah-mudahan bisa laris manis!

Target pembeli sudah, paham jenis masker sudah, cari supplier sudah, bikin paket bundling sudah, apa lagi? Ya tinggal jualan! Hehehe.

Zaman sekarang, banyak cara dan tempat untuk jualan. Mau online aja platformnya ada banyak sekali, mau online sekaligus offline ya boleh juga. Yang penting respon cepat, kata-kata menarik tapi nggak nipu, pokoknya raih reputasi baik sebanyak-banyaknya dan pertahankan sebisa mungkin. Penting banget ini biar pembeli balik lagi, entah beli buat diri sendiri atau orang-orang terdekatnya. Kalau pembeli sudah percaya kan enak, Cak.

Oh iya, foto yang menarik juga bisa. Kayak yang di bawah ini, hehehe.

Kesimpulannya,

jual masker tidak hanya soal untung dan rugi, Cak. Pertimbangkan juga aspek lainnya, seperti edukasi akan pentingnya penggunaan masker. Lebih jauh, pastikan untuk tidak menggunakan bahasa yang menggurui. Akan lebih baik jika kita bisa menggunakan bahasa yang sifatnya memberi tahu, yang akrab dan mengayomi.

Terkait untung rugi, setiap usaha tentu menginginkan keuntungan (profit). Namun, menaikkan harga secara gila-gilaan bukan cara yang tepat, Cak. Daripada melakukan hal tersebut, akan lebih baik apabila kita membuat paket bundling yang punya manfaat tambahan untuk calon pembeli, seperti pilihan motif, bonus hand sanitizer, dan sebagainya.

Jika dirasa bermanfaat, mohon kiranya untuk share kepada teman dan orang yang ingin diajak usaha jual masker. Siapa tahu Anda akan mendapatkan saran tambahan dari rekan usaha Anda.

Baca Juga :  Bukan Cuma Termometer Digital, Ini Berbagai Jenis Termometer Lainnya

Selamat mencoba, semoga sukses!