Senam lantai

Apakah senam lantai itu? Menurut berbagai pengertian, senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas lantai. Kita tahu, senam adalah olahraga untuk membugarkan fisik dengan berbagai gerakan yang bertujuan mulai dari merenggangkan otot sampai mengencangkan tulang. Dalam senam lantai, hal tersebut juga dilakukan, dengan catatan, hampir semua gerakan senam lantai bersentuhan dengan permukaan lantai.

Dalam beberapa gerakan, bisa dibilang olahraga senam punya dinamika yang menantang. Bahkan sejak pemanasan sampai diakhiri dengan peregangan. Untuk melakukan senam lantai, ada baiknya lantai yang akan dijadikan lokasi utama untuk ruang gerak menggunakan alas agar tidak terjadi hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Ini lumrah di setiap kumpulan orang yang melakukan senam lantai. Cedera harus dicegah sebelum terjadi.

Bisa dibilang, senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga senam yang dapat dilakukan dengan bebas. Pembugaran dalam senam lantai tidak memandang gender, pria dan wanita boleh melakukan. Demikian pula dalam hal usia, anak-anak sampai orang tua tidak dilarang untuk mempraktekannya. Beberapa gerakan seperti melompat, berguling, kayang, bertumpu dengan satu kaki, bertumpu menggunakan tangan, mempergakan gerak seakan sedang menari balet, adalah gerakan-gerakan yang akrab dilakukan ketika melangsungkan senam lantai.

Senam lantai 1

Apa saja yang diperlukan ketika melakukan senam lantai? Tentu saja pakaian olahraga yang mendukung tiap gerak kamu selama melakukan senam. Selain itu, tidak usah banyak-banyak peralatannya, cukup gunakan sebuah matras/tikar lain yang dapat dijadikan alas. Dan, layaknya olahraga kebanyakan, mungkin enak juga jika senam lantai dilakukan secara berkelompok, hal ini akan meningkatkan gairah untuk melakukan banyak gerakan. Meskipun kebanyakan orang lebih sering melakukannya seorang diri.

Apa bedanya senam lantai dengan senam lain pada umumnya? Jadi, senam lantai ini adalah olahraga yang praktis. Di mana pun dapat dilakukan. Hal ini akan membuat siapa pun yang sedang ingin melakukan olahraga, akan dimudahkan. Tidak perlu ke ruang olahraga seperti lapangan atau gymnasium untuk melakukan senam lantai. Di kamar tidur pun, senam lantai dapat dilakukan dengan penuh semangat dan kebebasan.

Kalau mau dicari akarnya, banyak yang mengatakan bahwa sejarah senam lantai  itu lumayan pelik. Namun, berbagai sumber yang menuliskan mengenai senam lantai di situs online mengatakan bahwa senam lantai itu berasal dari Tiongkok. Katanya, cabang olahraga senam ini sudah dilakukan di negeri tirai bambu sejak 4000 tahun yang lalu. Mungkin, boleh dibilang bahwa senam lantai merupakan salah satu olahraga paling tua di muka bumi. Ada juga yang mengatakan, sebenarnya senam lantai ini bukanlah olahraga melainkan metode pengobatan dan latihan beladiri yang sering dilakukan di Tiongkok.

Senam lantai

Lalu, bagaimana senam lantai bisa sampai ke Indonesia? Kalau kita melihat soal linimasa sejarah negara kita, berbagai bangsa telah berdatangan dengan aneka macam kepentingan kemari. Tentu saja orang Tionghoa adalah salah satu di antaranya. Jadi, tidaklah mengherankan apabila senam lantai sudah ada sejak lama di Indonesia. Bahkan, bangsa Belanda, Jepang, dan Portugis yang berdatangan ke Indonesia ikut melakukan dan mempopulerkan olahraga ini.

Di samping itu, pada masa kini, senam lantai boleh jadi adalah sebuah alternatif. Alternatif apa? Alternatif kegiatan yang dapat mengembalikan kebugaran berbagai kalangan yang sedang mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap di rumah guna mencegah penyebaran virus covid-19 yang tengah merebak. Masa di rumah melakukan kegiatan yang itu-itu saja. Bugarkanlah fisik, senam lantai bisa jadi pilihannya.