daihatsu ayla

Meskipun di awal peluncurannya sempat di pandang sebelah mata, namun Daihatsu Ayla kini cukup menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar dalam mobil nasional. Terlebih dengan saudara kembarnya dari Toyota, yakni toyota Agya saling bersaing untuk tidak saling tertinggal.

daihatsu ayla

Terlebih dengan adanya kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia, produsen mobil pun akan semakin mengembangkan inovasinya untuk dapat masuk dalam regulasi LCGC.

Untuk itu, Ayla hadir memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil dengan konsumsi bahan bakar irit namun dapat melaju kencang dengan performa baik untuk berada dalam perjalanan dalam kota. Di bawah ini ada beberapa spesifikasi Daihatsu Ayla yang cukup mentereng di kelasnya.

Dengan harga murah, tentu pantang untuk terlihat murahan. Inilah konsep yang dimiliki oleh Daihatsu kepada Ayla. Ia tetap memberikan kesan sporty dalam mobil yang dimensinya cukup kecil sehingga membuat orang yang memiliki tinggi 170+ akan kesulitan untuk masuk ke dalamnya.

Walaupun memiliki badan kecil, Ayla tetap dimanjakan dengan interiornya yang minimalis sehingga akan dapat masuk dan fokus dalam LCGC. Memajang konsep minimalis yang dirancang sefungsional mungkin dengan material yang cukup berkualitas.

Daihatsu Ayla, Mobil Impian Pilihan yang Mungil!

  • Bagian kemudi

Untuk bagian kemudi, mobil ini juga didesain dengan cukup stylish dan juga nyaman untuk digunakan. Hampir sama dengan saudara kembarnya, Ayla masih didominasi dengan warna interior hitam dan silver.

Panel yang terdapat pada dashboard Ayla cukup mengutamakan kegunaannya. Terdiri dari panel AC, audio system, dan beberapa panel lainnya. Terdapat pula kelengkapan digital panel dan ECO driving.

  • Interior

Kecil mungil namun istimewa. Mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi Ayla. Yang mana dengan mengusung Stering Audio Switch, 2 DIN Touchscreen Audio cukup menambah keutamaannya.

Dilengkapi dengan leg room dan head room yang cukup lapang untuk kelas LCGC ayla juga memiliki kabin paling lapang. Selain itu, ditambah dengan dark silver painted ornamen, dan new seat structure and cover pattern, makin jadi oke kan.

daihatsu ayla

Ayla juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan juga Air Conditioner (tipe D+, m, dan X).

Mesin dan dimensi Ayla cukup punya performa yang baik. Dengan mesin yang terdapat dalam dua versi, yakni 988 cc dan juga 1.197 cc, Ayla mampu terjun lebih hemat dibandingkan kompetitornya, hingga tercatat pada 10.0:1 dalam perbandingan kompresinya.

Untuk tipe mesinnya sendiri adalah 1KR-DE, DOHC. Dan 3NR-VE, DOHC, Dual VVT-i. Dengan diameter x langkahnya sebesar 71.0 x 84.0 dan juga 72.5 x 72.5. Memiliki sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection.

daihatsu ayla
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sedangkan dimensinya sangat cocok sekali untuk masyarakat urban di kota yang dinamis. Mungil namun tetap istimewa yang memudahkan pengendara untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya dan sangat sigap untuk melewati jalanan sempit di kawasan perkotaan. Dengan ukuran tubuh 3.600 x 1.600 x 1.520 mm dan juga berat kosong 180 kg.

  • Suspensi

Banyak kejadian bahwa mobil dengan dimensi yang kecil akan dinilai memiliki suspensi yang keras dan terlebih kurang nyaman. Namun, pihak Daihatsu sendiri menepis itu dengan menghadirkan suspensi pada Ayla yang lembut. Semata mata hanya untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengemudinya.

Terdapat varian transmisi manual dan otomatis yang tetap memberikan suspensi yang cukup nyaman dikelasnya. Adanya tambahan MacPherson Struts di depan dan Semi Independent Torsion Axle Deam di bagian belakang, akan membuat mobil kecil ini tidak akan melayang atau limbung jika digunakan untuk memacu kecepatan tinggi.

Sebagai mobil yang saat ini banyak digunakan, tentunya Ayla memiliki fitur keamanan yang baik dari standar mobil LCGC. Seperti adanya dua buah AirBag dibagian depan da juga sensor parkir yang digunakan untuk meminimalisir kesulitan saat akan mundur.

Untuk harga OTR di Jakarta mulai dari Rp 101.650.000 – Rp 155.350.000, bergantung pada tipe aksesoris lainnya.