mesin cuci sharp

Sebelum melihat daftar rekomendasi dari mesin cuci sharp terbaik, kenali dahulu sejarah mesin cuci dengan teknologi yang mengikat di dalamnya.

Pada mulanya, mesin cuci belum terlihat modern seperti saat ini. Sejarah mesin cuci sendiri bisa dimulai dengan papan penggilas dari kayu hingga sekarang tampil dengan teknologi digital untuk hasil yang lebih efisien.

Proses mencuci baju sendiri merupakan salah satu kegiatan yang memang sudah ada sejak zaman dulu, dan bisa disebut sebagai budaya tertua dalam sejarah peradaban manusia.

mesin cuci sharp

Namun, dulu kegiatan mencuci baju ini sangat menguras tenaga dan energi, hingga butuh waktu yang banyak untuk dijalani sebagai rutinitas. Akhirnya, terpikirkan untuk membuat alat khusus untuk mencuci baju.

Sejarah mesin cuci

Ketahui Sejarah, dan Jenis Mesin Cuci Sharp!

  1. Generasi Awal

Awalnya yang disebut dengan mesin cuci adalah berupa papan penggilas biasa yang terbuat dari kayu. Atau memang orang orang akan lebih banyak melakukan kegiatan mencuci di sungai di atas sebuah batu.

  1. Generasi Menengah

Berkembang menjadi mesin raksasa dengan bagian bagian yang terbuat dari kayu. Di sejarahnya ini, orang akan merendam baju mereka dalam sebuah wadah yang kemudian dipanaskan.

Hingga terdapat proses pengangkatan, dicuci dan dipilin hingga dipukul pukul dengan tongkat kayu sebagai cara membersihkannya dari kotoran.

DiĀ  tahun 1858, penemu mesin cuci Hamilton Smith berhasil mematenkan karyanya yakni mesin cuci berputar yang sudah dilengkapi dengan selang dan tangkai pemutarnya di tengah wadah. Dimana wadah ini digunakan untuk menampung air dan pakaian.

  1. Generasi Modern

Hingga sekitar tahun 1950 an, berkembang fitur mesin dengan fitur tombol pengering. Berkembang kembali menjadi mesin cuci dua tabung.

Baca Juga :  Cara Cek Nomor Setelah Daftar Kartu Telkomsel

Hingga kini sudah banyak beredar mesin cuci satu tabung yang cukup menghemat tempat dan waktu seperti mesin cuci sharp. Tentu dalam era modern ini mesin cuci sudah terhubungkan dengan tenaga listrik.

mesin cuci sharp

Selain itu, yang erat kaitannya dengan kegiatan mencuci adalah adanya sabun cuci. Sabun cuci sendiri sudah dikenal sejak abad ke 16.

Namun yang disebut dengan sabun cuci di zaman itu bukanlah yang berbau harum dan berbusa seperti sekarang ini. Karena di zaman itu bisa jadi dibuat dari bahan lemak hewan ataupun tumbuh tumbuhan.

Semakin kita hidup di era modernisasi yang menuntut kita mengetahui akan adanya teknologi, tentu kita harus memanfaatkannya. Termasuk dalam urusan cuci mencuci.

Yuk kenali jenis mesin cuci yang beredar saat ini!

Ketahui Sejarah, dan Jenis Mesin Cuci Sharp!

1. Mesin cuci top loading

Atau yang lebih dikenal dengan mesin cuci bukaan atas. Mesin cuci bukaan atas ini sudah ada yang otomatis ataupun masih menggunakan fitur manual.

Fitur manual disini adalah dengan proses memasukkan air yang harus ditunggu, ataupun harus memindahkan pakaian untuk mengeringkan.

Terdapat 2 jenis di dalamnya, ada yang memiliki 2 tabung (yang berbeda antara untuk mencuci dan melakukan pengeringan), dengan yang hanya memiliki 1 tabung (mencuci dan mengeringkan dalam satu tabung yang sama).

Disini bisa kita lihat perbedaannya dalam hal penggunaan air, konsumsi dayanya, teknologi, hingga hasil mencuciannya.

2. Mesin CuciĀ Front Loading

Mesin cuci sharp front loading atau yang cara pengisiannya dari depan. Biasanya proses pecuciannya ini sudah otomatis. Jadi mulai dari tahap pencucian hingga pengeringan sudah dilakukan bertahap.

Adapun keunggulan dari mesin cuci jenis ini adalah lebih hemat air, dan pakaian yang dicuci pun tidak mudah rusak karena proses kerjanya tidak menggunakan pulsator dan putarannya tidak terlalu cepat.

Baca Juga :  Cara Repost Instagram dengan 3 Aplikasi Ini

Meskipun hemat air, mesin cuci jenis ini tidak hemat listrik. Hingga harganya lebih mahal dibandingkan dengan mesin cuci model top loading.

Sebagai bahan pertimbangan, kebanyakan orang justru lebih memilih mesin cuci dua tabung dengan model top loading.

Disamping karena harga mesin cuci sharp dua tabung manual yang lebih ekonomis yakni berkisar 1 jutaan saja.

Hasil cuciannya juga tetap bersih, hemat listrik dan perawatannya. Akan tetapi kembali lagi pada preferensi masing masing.