lensa kamera canon

Canon adalah salah satu merk kamera pabrikan yang cukup terkenal. Di Indonesia pasti masyarakat sudah tidak asing lagi dengan jenis kamera tersebut. Umumnya, para fotografer menggunakan kamera jenis Canon dalam menunjang hobi atau pekerjaan mereka.

Jadi, jenis-jenis lensa kamera mempunyai beberapa tipe yaitu zoom, telephoto, dan fix. Adapun lensa khusus sepeti macro, tiltshift, dan lainnya. Canon sendiri memiliki dua jenis lensa canon yang dibedakan berdsarkan diameternya, yaitu EF-S dan EF: Lensa EF-S. Singkatan ā€œSā€ artinya small, jadi lensa dengan diameter yang lebih kecil dari EF hanya dapat mencakupi sensor dengan ukuran APS-C. Biasanya, sebagian besar kamera DSLR lensa kamera Canon yang beredar dipasaran bersensor jenis APS-C.

Sedangkan lensa EF memiliki diameter yang lebih besar dari lensa DX, sehingga lensa ini dapat mencakup sensor yang berukuran APS-C dan full frame atau berukuran setara dengan film 35mm.

Adapaun lensa Canon yang bersimbol seri L, lensa ini biasanya ditandai dengan bentuk lensa yang berwarna putih dan memiliki lingkaran merah. Lensa jenis ini memiliki kualitas yang cukup tinggi dan biasanya memiliki bahan bodi yang tahan air serta debu. Semua lensa yang berjenis seri L masuk dalam kategori lensa EF. Lensa tersebut cocok digunakan untuk semua jenis kamera DSLR Canon EOS.

Dalam memilih lensa kamera Canon, tentu anda harus memahami dulu jenis-jenis lensa Canon yang sesuai dengan kamera anda. Berikut ini adalah lensa-lensa yang dapat dipakai untuk kamera DSLR Canon EOS. Dengan adanya ulasan tentang jenis-jenis lensa Canon dibawah ini. Diharapkan pembaca dapat mempelajarinya supaya dapat mengerti cara memilih lensa yang cocok dan berkualitas baik.

Perhatikan Jenis Lensa Kamera Canon

Canon sendiri memiliki berbagai jenis lensa yang tentunya mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Yang pertama adalah Lensa zoom standar (EF-S). u tuk kalian yang mencari lensa untuk digunakan jalan-jalan, Canon 15-85mm adalah salah satu pilihan yang bagus untuk ukuran lensa jalan-jalan yang berkualitas dan seimbang dari segi ukuran, harga, kinerja. 17-55mm f/2.8 IS lensa ini cocok untuk fotografi liputan dan portrait.

Baca Juga :  Review Kipas Bentuk AC (Air Conditioner)

Lensa zoom standar (EF) dengan harga sekitar 10 juta memiliki ukuran fisik lensa, 24-105mm dan 24-70mm akan memberikan kualitas foto yang sangat baik. Sedangkan untuk lensa sapujagat (EF & EF-S) sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang ingin lensa lebar dan tele menjadi satu, sehingga fotografer tidak perlu repot ganti-ganti lensa. Harga yang mesti dibayar cukup besar dan juga ukuran lensa lebih besar, tapi kualitasnya standar-standar saja.

Lensa zoom lebar (EF & EF-S) adalah salah satu lensa Canon yang memiliki kualitas yang bagus. Rekomendasi macam-macam Lensa Canon EF-S 10-22mm f/3.5-5.6 yang memiliki kualitas sangat baik, tapi bagi yang keberatan harganya yang terlalu tinggi atau membutuhkan bukaan yang lebih besar, alternatifnya yaitu Tokina 11-16mm f/2.8 dan 12-28mm f/4. Sedangkan untuk kamera full frame, rekomendasinya adalah 17-40mm f/4, atau 16-35mm f/2.8.

Lensa zoom telefoto (EF-S dan EF), untuk lensa jenis ini Canon memiliki Banyak sekali lensa berjenis telefoto. Adapun yang paling terkenal adalah seri 70-200mm nya.

lensa kamera canon

Dan yang terakhir adalah lensa kamera canon fixed/prime (tidak bisa zoom, kecuali pakai kaki) dan semuanya bertipe EF. Rekomendasi lensa jenis ini yang memiliki spesifikasi yang bagus yaitu 50mm f/1.2, 85mm f/1.2. 135mm f/2. Lensa jenis ini dapat menghasilkan foto yang kontrasnya tinggi dan tajam, namun lensa tersebut sulit digunakan di dalam kondisi cahaya tidak mendukung (gelap).