Publik akrab dengan Oppo sebagai salah satu merk ponsel dengan performa fotografi-sentris. Kameranya bening, mulai dari ponsel kelas low-end sampai kelas high-end. Salah satu produk lama yang memiliki nilai jual tinggi dari pabrikan tersebut adalah Oppo F3 Plus. Ponsel yang dikhususkan untuk selfie dengan dibekali kamera depan ganda. Ditambah lagi, Oppo F3 Plus memiliki lensa sudut lebar untuk selfie berkelompok, tampak jauh lebih praktis sebagai ponsel dengan daya tarik tersendiri. Hp Oppo F3 Plus pertama kali rilis pada tahun 2017, meski sudah lama, alangkah baiknya kita ketahui lagi apa-apa yang jadi nilai lebih dari ponsel tersebut untuk dimiliki. Mari simak.

Desain dan Kualitas Oppo F3 Plus 

Oppo jarang mengecewakan kamu dalam hal kualitas dan desain, F3 Plus adalah pemilik tradisi itu. Bahan dasar logam terasa sangat kokoh dan ujungnya yang melengkung membuat ponsel ini nyaman dipegang. Oppo F3 Plus tidak licin dengan layar 6 inci dalam balutan Ketebalan yang tipis. Dari samping, dapat diketahui bahwa ini adalah ponsel berukuran besar dan cukup berat, menggunakannya dengan satu tangan hampir tidak mungkin karena beresiko jatuh. Jangan takut, terdapat fitur pengoperasian dalam mode satu tangan jika kamu sedang tidak dapat menggunakan dua tangan.

Sensor sidik jari di Oppo F3 Plus ngebut sekali untuk membuka kunci perangkat dan dapat digunakan untuk mengunci aplikasi dan file. Ada tombol di kedua sisi untuk navigasi. Kamera depan ada di bagian atas. Tombol-tombol di samping mudah dijangkau, bahkan untuk kamu dengan tangan besar. Soket headphone, speaker, dan port Micro-USB ditempatkan di bagian bawah. Ada wadah SIM di atas tombol power dengan tipe hybrid, jadi kamu harus memilih antara SIM kedua dan kartu microSD (didukung hingga kapasitas mencapai 256GB). 

Layar 6 inci pada Oppo F3 Plus cukup tajam berkat resolusi full-HD, namun warnanya terlalu jenuh dan dapat membuat gambar terlihat agak tidak wajar. Tidak ada opsi di pengaturan untuk menyesuaikan hal ini. Selain itu, respon sentuhan sangat bagus dan ponsel ini memiliki Gorilla Glass 5 yang melindungi layarnya. Bagian belakang ponsel agak polos dengan hanya ada kamera yang membuat permukaan ponsel tidak datar. Sayangnya, tidak ada port USB Type-C, mengingat bahwa ini adalah smartphone kelas menengah atas. 

Spesifikasi dan fitur Oppo F3 Plus

Baca Juga :  Ini Dia Spesifikasi dan Harga Ponsel Murah Infinix Hot 8

Oppo F3 Plus dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 652 653 SoC, 4GB RAM, dan penyimpanan 64GB–merupakan sekumpulan spesifikasi yang cukup solid. F3 Plus menampilkan 92.497 di AnTuTu dan 35fps di GFXbench. Spesifikasi lain termasuk Wi-Fi dual-band, Bluetooth 4.1, GPS, dan USB-OTG.

Perangkat lunak agak mengecewakan karena F3 Plus masih menjalankan ColorOS 3.0 berdasarkan OS bawaan Android Marshmallow. Sisi baiknya, Google Assistant hadir, dan berfungsi baik di ponsel. F3 Plus memiliki fitur magazine lockscreen yang menggilir wallpaper acak berdasarkan kategori yang kamu pilih. Ini dapat dimatikan jika tidak diperlukan. Ada juga aplikasi pra-instal Google suite, Facebook, Instagram, dan WPS Office. Oppo juga memiliki app store sendiri untuk kamu yang tidak mau repot-repot masuk ke Play Store.

Performa Oppo F3 Plus

Aplikasi dapat dimuat dengan cepat dan multitasking ditangani dengan baik dalam ponsel ini. Bagian atas dan pinggir ponsel akan cepat panas saat mengisi daya dan mengunduh aplikasi atau file, tetapi dengan penggunaan yang teratur akan aman.

Salah satu keuntungan dari smartphone berukuran besar adalah kemampuan untuk menikmati menonton video pada layar sebesar itu. F3 Plus sangat cocok untuk mengikuti acara favorit kamu saat bepergian. Speaker tunggal cukup kuat dan suaranya keras. 

Kamera depan sekunder sebenarnya memiliki tujuan praktis. Dengan bekal kamera depan 16 megapiksel menawarkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik berkat aperture f / 2.0. Kamu dapat beralih di antara kedua kamera dengan mudah menggunakan ikon di sebelah tombol. Lampu kilat layar akan sangat berguna di malam hari, dengan menyesuaikan intensitas tergantung pada cahaya sekitar. Meski begitu, Oppo F3 Plus tidak mengabaikan kamera belakang. Dengan sensor 16-megapiksel, tetapi ada dual PDAF dan aperture f / 1.7. Aplikasi kamera memiliki beberapa fitur untuk menunjang kebutuhan fotografi kamu, termasuk mode pakar untuk kontrol manual, filter, panorama, dan video timelapse. 

Oppo F3 Plus dikemas dengan baterai 4000 mAh yang tidak dapat dilepas dan dapat bertahan lebih dari sehari penggunaan biasa. Kini, nilai jual Oppo F3 Plus masih terbilang tinggi. Dengan fasilitas demikian F3 Plus menawarkan banyak hal untuk memfasilitasi kebutuhan kamu. Perangkat yang dibangun dengan baik dan menawan, layar yang tajam, daya tahan baterai yang sangat baik, SoC yang andal, dan kamera yang sangat bagus.