alat musik tradisional

Mengenal suatu masyarakat berarti mengenal kebudayaan masyarakat itu sendiri, keberagaman adat dan kebiasaan setiap daerah membuat seni dan budaya yang lahir juga berbeda ditiap daerah. Terlebih Indonesia terdiri dari banyak suku, diantara karya seni yang menjadi bagian dari kebudayaan adalah seni musik. Musik menjadi simbol keindahan dan kedinamisan yang serasi antara banyak bunyi dan nada. Kata yang berakar dari bahasa Yunani ini memang menjadi sorotan keberadaannya. Sebab lewat musik, seseorang bisa mengekspresikan dirinya dalam berbagai bentuk rasa, meluapkan bermacam emosi perasaan dan sekaligus menjadi bagian keahlian seni dalam jiwa manusia.

Dari berbagai macam jenis musik, kita mengenal musik tradisional. Jenis musik tradisional adalah seni musik yang diwariskan secara terus menerus dari generasi ke generasi melalui lisan, musik jenis ini lestari lewat secara turun temurun, karena penyebarannya tidak menggunakan tulisan, sama sekali tidak dicatat adalah cirihas musik yang satu ini.

Melestarikan Alat Musik Tradisional di Jaman Modern ini

alat musik tradisional
alat musik tradisional
  1. Ciri Musik Tradisional

Yang menjadi ciri musik tradisional lagi adalah :

a. Bahasa dan alat musik yang digunakan juga milik asli daerah, misalnya lagu bubuy bulan yang dari sekali mendengarkannya saja kita tau, musik itu berasal dari sunda. Begitu pula lagu suwe ora jamu dari Jawa, dan masih banyak lagi yang lain.

b. Pembalajaran musik tradisional dilalukan dari mulut ke mulut, oleh karenanya tidak dikenal katakter lagu, notasi dan lain – lain dalam musik ini. Jalan pembelajaran ini tidak terasa aneh, mengingat orang zaman dahulu memang mengutamakan pewarisan budaya secara lisan dengan metode menghafal yang berkesinambungan. Seperti penyebaran cerita rakyat misalnya.

Nah kekurangannya disini, karena diturunkan hanya lewat lisan, tentu rawan terjadi kesalahan dan kekeliruan saat proses penyebarannya dari generasi sebelumnya. Oleh karena itu saat ini musik tradusional juga dicatat dan dibukukan, dengan tujuan generasi berikutnya masih bisa menjamin keotentikan karya musik tradisional dan tetap melestarikannya.

Baca Juga :  Tips Memilih Kacamata bagi Wanita

2. Fungsi musik tradisional

Fungsi musik tradisional adalah sebagai alat komunikasi menyatukan masyarakat dalam sebuah seni, biasanya juga menjadi pengiring tarian tradisional. Karya musik tradisional juga berperan sebagai hiburan di sebuah masyarakat, karenanya kebanyakan karya musik tradisional bersifat non formal, meskipun ada beberapa musik tradisional yang digunakan untuk acara resmi seperti musik pengiring ritual peribadatan tertentu.

Selain berfungsi sebagai sarana hiburan, musik tradisional juga memiliki nilai ekonomu. Kegiatan bermusik ini bisa jadi jalan seseorang mendulang rupiah ketika menampilkan pertunjukan musik tradisional. Semakin berkembang peradaban manusia, kita semakin sadar pentingnya menjaga kelestarian budaya nenek moyang, musik tradisional salah satunya.

3. Pemain musik tradisional

Siapa pemain musik tradisional ?

Pemainnya siapa saja yang mau dan bisa. Tapi kebanyakan yang menjadi pemain adalah putra putri daerah tersebut, sebab tentunya mereka secara alami lebih mampu mempelajari warisan moyangnya. Meski sekarang seni musik tradisional sudah secara umum dipelajari, hingga penyebarannya luas, dan tidak hanya menjadi daya tarik untuk daerahnya. Biasanya pertunjukan musik tradisional itu seperti paket komplit yang juga ada tarian, dan permainan alat musik tradisional didalamnya.

Nah kebudayaan ini, menjadi salah satu unsur pemikat suatu daerah, yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, sekaligus menebar pesona kebudayaan bangsa di mata halayak luas. Walaupun peminatnya tak sebanyak musik modern, tapi musik tradisional tetap menjadi sarana hiburan yang dicari bahkan jadi objek study.

Melestarikan Alat Musik Tradisional di Jaman Modern ini

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia kita mengenal musik tradisional, hampir semua negara juga memiliki jenis musik ini, sebutlah moso dan biwa yang jadi salah satu musik tradisional khas Jepang. Atau musik dan tarian tango di Spanyol.

Baca Juga :  Rekomendasi Kamera Canon Murah 2 Jutaan

Nah semoga setelah membaca artikel kecil ini, kita lebih cinta dan giat menjaga warisan leluhur, musik tradisional hususnya.